Mengenal Pohon Ghargad (Pohon Pelindung Yahudi)


Rasulullah S.A.W bersabda dalam sebuah hadis sahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, Muslim dan al-Tirmidhi bermaksud:


Hadis ini menceritakan tentang peristiwa akhir zaman yaitu waktu hampir kiamat. Pada waktu ini tentara Yahudi yang dipimpin oleh Dajjal akan berperang dengan orang Islam. Dalam peperangan ini, orang Islam akan dapat membunuh dan menewaskan orang Yahudi sehinggakan apabila mereka berselindung di sebalik mana-mana batu dan pokok untuk menyelamatkan diri, maka dengan izin Alloh pohon dan batu akan memberitahu tentera Islam tentang Yahudi yang berlindung di sebaliknya. Akan tetapi satu pohon yang tetap berdiam diri dan akan bersekongkol dengan Yahudi yaitu pohon yang bernama Gharqad.


Pada ketika ini, orang-orang Yahudi sedang giat menanam pohon Gharqad secara luasa di Negara Israel sebagai suatu persediaan menghadapi tentara Islam pada akhir zaman. Ini juga bermakna bahawa orang Yahudi sebenarnya memang tahu dan sadar tentang kebenaran Islam dan kebenaran hadis nabi Muhammad. Keegoaan dan sikap sombong mereka menyebabkan mereka tidak menerima ajaran Islam, sebaliknya terus berusaha memerangi umat Islam dari sepanjang masa.

Masih banyak yang belum tahu bentuk pohon Gharqad ini, dan Ada yang menyatakan bahwa ia pohon Krismas, dan ada pula yang menyatakan bahawa ia pohon Rhu, pohon Kaktus dan sebagainya.

Pohon Gharqad adalah pohon African Boxthorn, dari keluarga Solanaceae. Ia sejenis pohon yang berduri dan mempunyai dahan yang berjalin-jalin. Dikategorikan sebagai beracun, dan buahnya seperti buah tomat, tetapi kecil dan hanya berdiameter 1 cm saja. Daunnya berwarna hijau muda. Bunganya kecil dan berwarna putih dengan tompok-tompok ungu.

Wallahu a”lam bishshawab, wassalamu ”alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar